Marketing Cetak di Era Digital

0
34

Era digital membawa perubahan diberbagai bidang termasuk mengubah strategi promosi perusahaan. Meskipun berbeda tetapi masih banyak perusahaan tetap mempertahankan marketing cetak karena dinilai efektif dan fleksibel kemudian dikolaborasikan dengan marketing digital untuk tingkatkan citra merek dan awareness pada masyarakat luas.

Apa sih manfaat mempertahankan marketing cetak di era digital saat ini?

Marketing Cetak Bersifat Permanen

Ketika menggunakan media social atau membaca artikel di media online, seringkali kita disuguhi iklan digital. Seringkali kita langsung menekan tombol tutup atau close sehingga iklan terabaikan. Tidak hanya itu, banyaknya iklan digital yang tampil di perangkat akan menyusahkan otak untuk memfilternya. Menurut penelitian dari eMarketer mengungkapkan bahwa konsumen berusia antara 18 hingga 34 tahun lebih memperhatikan iklan TV, radio bahkan surat kabar ketimbang iklan di media sosial dan mesin pencarian.

Menghindari Pemblokiran Iklan Digital

Banyak pengguna internet merasa bosan dengan banyaknya iklan digital yang mondar mandir di layar gadget kita. Tercatat, penggunaan software pemblokiran iklan terus meningkat bahkan turut disematkan pada layanan e-mail sehingga iklan anda berpotensi diabaikan audiens dan merugikan budget yang sudah Anda keluarkan. Dengan menggunakan iklan cetak, anda dapat menghindari pemblokiran iklan digital sehingga target iklan tercapai.

Marketing Cetak Lebih Disukai Audiens

Berbeda dengan pemasaran digital, marketing cetak lebih disukai audiens karena menawarkan sentuhan personal pada pelanggan potensial. Tentunya, penggunaan promosi cetak seperti banner berdesain unik, kartu pos dengan sentuhan mewah bahkan stiker berbentuk menarik akan diperhatikan audiens secara langsung ketimbang marketing digital bergaya statis dengan tampilan yang monoton.

Marketing Cetak Mudah Diingat

Marketing cetak juga dinilai lebih efektif dalam meningkatkan brand awareness sebuah produk. Umumnya, masyarakat lebih mudah mengingat sebuah merek yang diperkenalkan dalam bentuk promosi cetak, apalagi jika promosi dikemas dalam desain yang menarik.

Bentuk Promosi Paling Variatif

Berbeda dengan iklan digital yang monoton, anda bisa membuat materi promosi cetak dengan media yang bervariasi. Tak hanya berupa banner, anda bisa berpromosi melalui brosur, flyer, poster ataupun kartu nama.

Meskipun sudah memasuki era digital, marketing cetak tetap bisa dipertahankan karena sanggup menyasar konsumen yang potensial. Untuk bisa menjangkau konsumen secara luas, anda bisa mengkolaborasikan marketing cetak dan digital untuk kegiatan branding. @ Wiwin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here