Maklumat KOPI GRAFIKA tentang Wabah Covid 19

0
65

Menyikapi wabah Virus Corona atau COVID-19 yang semakin menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sejumlah aktivitas usaha kecil dan menengah seperti jasa cetak (percetakan atau digital printing) pun ikut terganggu, bahkan terhenti, akibat munculnya pandemi ini,

Demikian disampaikan Ketua Umum KOPI GRAFIKA INDONESIA atau yang biasa disebut Indonesian Printing Community Drs Usman Batubara. Ditambahkan, Keberadaan member KOPI GRAFIKA sifatnya personal dan sangat manyemuk, dia tidak hanya dari karyawan / owner perusahaan screen printing, digital printing (dgital press, digital large format), cetak convensional (mesin ; toko, offset, flexo, web) tetapi juga dengan pihak terkait seperti pendidikan, teknisi, supplier yang berdomisili di dalam dan luar negeri.

Secara umum member KOPI GRAFIKA terkena dampak efek pandemic virus covid 19, hal ini ditandai dengan berkurangnya permintaan terhadap produk cetak, seperti : buku, majalah, koran, surat undangan, soal ujian, brosur, leaflet, billboard, spanduk, banner dan lain-lain.

Adapun penyikapan para member secara garis besar terbagi kepada 3 kelompok, yakni pertama memilih tidak beroperasi atau tutup, kelompok kedua mencoba menjadikan tantangan yang ada sebagai peluang dengan  sedikit mengalihkan sifat usaha melalui penyediaan masker dan APD (alat pelindung diri) untuk medis dan masyarakat umum, dan kelompok ke tiga tetap beroperasi dan malah nambah shift  bahkan overload. Kelompok ini biasanya jenis usaha cetak yang bergerak dibidang produksi kemasan, dan apparel.

Guna menghadapi berbagai tantangan usaha di tengah wabah Covid 19, kepada para member KOPI GRAFIKA disarankan :

  1. Mengikuti anjuran pemerintah dengan ketat untuk meminimalkan dampak. Yakinlah dengan tetap berkomitmen untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan karyawan dan pelanggan adalah merupakan pilihan terbaik. Kita menerapkan prosedur yang jelas bagi karyawan untuk melindungi kesehatan mereka, termasuk isolasi diri jika perlu.
  • Manfaatkan teknologi melalui penggunaan aplikasi yang bisa bantu usaha untuk menjalankan aktivitas tanpa tatap muka demi mendongkrak kinerja usaha, seperti : Aplikasi Audio/Video Conference, Aplikasi Kerja Kolaborasi Berbasis Cloud, Aplikasi Media Sosial, Urus Pajak Online, Aplikasi Akuntansi Online, dan lain-lain.
  • Mengingat dalam waktu dekat ummat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, bulan berpuasa mari kita bukakan pintu maaf, kita tingkatkan perhatian, melalui ikhtiar & doa agar ; kita, keluarga, teman, tetangga, para member KOPI GRFAFIKA dan khususnya negara kita Indonesia agar terhindar dari musibah covid 19 serta kembali dapat berusaha dengan baik. Semoga …

Jakarta, 20 April 2020

KOPI GRAFIKA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here