Stiker Label Digital Printing yang Tidak Ada Matinya

0
48

Usaha jasa digital printing saat ini sudah menjadi hal yang umum. Sebagaimana layaknya usaha fotocopy pada tahun 90-an, sekarang usaha jasa digital printing sudah menyebar sampai ke pelosok. Apalagi penyelenggaraan pilkada dan pemilu serentak baru saja berlangsung, makin menambah semaraknya bidang usaha ini. Namun kondisi iklim usaha penuh ketidakpastian, menimbulkan tanya apakah ke depan usaha jasa digital printing masih menguntungkan?

Para pengusaha digital printing harus memutar otak agar usahanya terus berjalan dan bahkan berkembang, antara lain dengan mengikuti teknologi dan membeli mesin terkini atau mengembangkan berbagai macam produk dari bahan yang ada. Pilihan paling bijak adalah mengembangkan produk yang mencakup segala kebutuhan retail di Indonesia. Seiring meningkatnya pasar online/internet, pasar digital printing juga mengalami peningkatan.

Menurut data dari Hootsuite Kanada, pengguna aktif internet di Indonesia tahun 2019 ini sudah menembus 150 juta jiwa. Bagaimana peningkatan pengguna aktif online/ internet ini bisa berpengaruh terhadap peningkatan pasar digital printing? Meningkatnya pengguna aktif internet, berpengaruh terhadap pola pikir sebagian besar pengguna dan membuka wawasan mereka untuk menjadikan koneksi internet sebagai sarana atau peluang untuk memulai atau mengembangkan usaha secara online, khususnya bagi pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

Pelaku UMKM umumnya memiliki produk yang membutuhkan label atau kemasan, tentunya dalam skala kecil. Kebutuhan label atau kemasan ini dapat diakomodir oleh keberadaan usaha jasa digital printing, dimana salah satu keunggulan digital printing adalah bisa mencetak dalam jumlah sedikit dan dalam waktu singkat.

Contoh lain dari perkembangan pasar digital printing yang berkaitan dengan pasar online/internet adalah trend digital printing kain yang bisa menghasilkan jilbab atau baju dengan corak custom.@Print Media 88

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here